MEDIA PERIKLANAN

Jumat, 28 Agustus 2009

ANAK 10 TAHUN

Kebetulan anak saya beberapa bulan lagi akan mencapai usia 10 tahun. Oleh karena itu sambil melihat-lihat perkembangannya ada baiknya saya share-kan apa yang saya baca mengenai anak usia 10 tahun.

Usia ini paling cocok untuk mulai membuat agenda kegiatan sehari-hari. Biarkan seorang anak 10 tahun mengatur jam-jamnya sehari-hari. Ia mulai belajar mematuhi apa yang ia tetapkan sendiri. Orangtua tinggal bantu mengingatkan kalau beberapa agenda terlewatkan atau terlupakan.

Dalam usia ini anak mulai dapat berbicara dengan orang dewasa dalam bahasa orang dewasa, dan bicara dengan kelompoknya dengan bahasa mereka sendiri. Ia tidak lagi menyebut dirinya 'saya' tapi mulai bersifat kolektif, 'kita' dan 'milik kita.' Pelajaran ilmu bumi dan sejarah mulai menggugah minatnya, bila dilakukan dengan benar. Ia ingin eksplorasi lebih jauh dan mengenali sejarahnya sendiri. Kesukaan membaca bila dipupuk dengan benar akan tumbuh dengan pesat sekali.

Bakat musiknya berkembang pesat hampir seperti orang dewasa. Namun demikian, untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu ia masih harus mendapat bimbingan apa-apa yang harus dan sebaiknya dilakukan.

Anak usia 10 tahun mulai dalam tahap meniru orang-orang yang dikaguminya. Dalam tahap ini orangtua sebaiknya tidak menjadi instruktur lagi, tetapi menjadi penasihat bila ditanya, pendengar yang baik bila ada keluhan atau cerita-cerita, dan bila perlu menjadi sahabat dari anaknya. Ia mulai merangkai cita-citanya. Ia mengidentifikasikan dirinya dengan gambaran ideal yang dimilikinya. Tokoh-tokoh film, televisi, dan lainnya akan ia seleksi untuk dijadikan gambaran dirinya sendiri.

Anak 10 tahun senang menganggap kelompoknya sebagai yang istimewa. Sering ada rahasia-rahasia kelompok yang dijaga betul-betul. Walaupun orangtua sempat mengetahui rahasia-rahasia kelompok tersebut, sebaiknya tetap menjaga seolah-olah tidak tahu. Anak 10 tahun cepat menangkap dan mengerti saran-saran yang diberikan. Ia mulai mengerti akan hak-hak orang lain, dan sebaiknya diajarkan untuk terus-menerus menghormati hak orang lain. Dalam kelompok, kadang ia akan mati-matian mempertahankan haknya. Bila itu terjadi, sebaiknya jangan lupa memberikan pujian kepadanya.

Anak usia ini mulai mengerti akan tanggung jawab keuangan. Ia mengerti akan kekurangan atau kelebihan kondisi keuangan orangtuanya. Ia pun mengerti bagaimana "memanfaatkan" kondisi tersebut.

Orangtua dengan anak 10 tahun sebaiknya sering mengajak bicara dan diskusi. Karena bila mereka gagal membina hubungan emosional dan komunikasi dengan anaknya sampai ia menginjak usia remaja, maka biasanya hubungan dan komunikasi sudah tidak bisa lagi dibangun.

Hati nuraninya mulai terbentuk dan dapat dikendalikan. Namun ia masih melihat segala sesuatu sebagai hitam dan putih. Belum bisa mengerti yang abu-abu. Bila orangtua terpaksa menolak suatu permintaan anak usia ini, harus dikatakan dengan sejujurnya dan dengan sungguh-sungguh hati. Ia akan menangis atau sangat kecewa namun ia sudah bisa mengerti alasan-alasan yang dikemukakan orangtuanya.

Walaupun perkembangannya terlihat luar biasa, ia masih belum bisa mengerti kata-kata abstrak seperti adil, balas dendam, kemurnian hati, kemurahan hati, dsb. Melalui contoh harus diterangkan arti kata-kata seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar