MEDIA PERIKLANAN

Jumat, 28 Agustus 2009

KONSUMSI MAKANAN SEBELUM PERSALINAN

Karena proses persalinan memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang prima, dengan sendirinya konsumsi makanan sebelum persalinan sangat penting. Selain konsumsi makanan dengan gizi yang berimbang serta bahan makanan yang bervariasi, juga perlu diperhatikan untuk membiasakan makan dengan teratur setiap harinya. Untungnya pada masa mendekati persalinan ini nafsu makan ibu sudah normal, karena posisi janin yang mulai turun sehingga tekanan terhadap lambung berkurang. Tentu saja perlu dijaga agar hal ini jangan sampai menimbulkan pertambahan berat badan yang berlebihan akibat makan terlalu banyak ditambah kurang gerak.
Dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak atau mengandung gula,sebaliknya makanan yang banyak mengandung serat sangat dianjurkan. Ini akan mengurangi gejala sembelit. Meski demikian tidak perlu terlalu dicemaskan dengan sembelit ini karena sebelum persalinan akan dilakukan penyedotan kotoran.
Bila tidak ada orang lain selain suami di rumah, ada baiknya mempersiapkan makanan di lemari es yang bisa dimakan dengan sedikit proses memasak. Ini perlu untuk mengantisipasi kemungkinan saat kontraksi awal tiba namun masih belum perlu ke rumah-sakit selagi suami masih berada di kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar