MEDIA PERIKLANAN

Jumat, 28 Agustus 2009

Kegunaan Kayu Manis

kayu manis

Tak perlu heran jika ada masakan yang menggunakan jenis kayu ini sebagai bumbu. Cinnamomum Verum nama latinnya, tak hanya aromanya saja yang enak tapi kalu sudah di tambahkan ke dalam masakan pasti jadi semakin lezat! Mau coba?

Kalau Anda sering membuat setup tape atau kue kering mungkin sudah tak asing lagi dengan rempah ini. Yak, Cinnamomum Verum atau Cinnamoman Burmani nama latinnya atau yang lebih dikenal dengan istilah kayu manis. Jangan lantas Anda membayangkan bahwa yang digunakan benar-benar batang kayunya, tapi bagian yang digunakan adalah kulit kayu yang sudah mengelupas dan kering.

Di pegunungan Kerinci, dikenal kayu manis berkualitas bagus. Dari hasil kayu manis yang berlimpah selain diekspor juga dibuat minyak kayu manis dan sirop kayu manis. Sirop ini mirip dengan maple syrup, berwarna kecokelatan dan kental dengan rasa manis yang kuat.

Manfaat dari kayu manis. Dibawah ini ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan dari kayu manis :

* Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut serta menyembuhkan bisul hingga keakar - akarnya.
* Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut dipagi hari.
* Sakit Kepala dan Sinus
Minum campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.
* Kelelahan
Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburkan bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalis tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalis tubuh menurun.
* Kelebihan Berat Badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis
setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.
* Influenza. Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alam yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar